Times Higher Education, lembaga pemeringkat universitas dunia telah merilis data terbaru mengenai peringkat 100 besar rangking Universitas di Asia. Dilaporkan, tiga perguruan tinggi (PT) di Indonesia masuk 100 besar di Asia, masing-masing Universitas Indonesia (UI) peringkat ke-50, Universitas Gajahmada (UGM) peringkat ke-63, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) peringkat ke-80.Peringkat ini mengungguli beberapa wakil negara-negara besar di Asia seperti Pusan University, Korsel (58); University of Delhi (60); Tokyo University of Science (67); dan Tokyo University of Agriculture and Tech (93).

Deputi Direktur Kantor Komunikasi UI, Devie Rahmawati dalam siaran persnya menyebutkan, saat ini tercatat ada 29 metodologi pemeringkatan universitas. Namun, sedikitnya ada tiga pemeringkatan yang memiliki reputasi internasional, yaitu Times Higher Education (THES), Sanghai Jiao Tong University, dan Webometrics. Melalui pemeringkatan, setiap universitas akan memiliki panduan obyektif untuk memetakan keunggulan dan kelemahan antar PT di seluruh dunia. Ini dimungkinkan karena peningkatan prestasi setiap tahun hanya dapat dilakukan bila secara konsisten memenuhi kriteria-kriteria penilaian.

THES melakukan evaluasi prestasi universitas di Asia menggunakan sembilan indikator. Pertama, mengukur kualitas penelitian (academic peer review) lewat survei di kalangan akademik. Indikator ini memiliki pembobotan senilai 30 persen. Kedua, rasio staf pengajar dan mahasiswanya (student faculty rasio) dengan bobot 20 persen. Ketiga, citations per paper, yaitu seberapa banyak penelitian universitas terkait dikutip (bobot 15 persen). Disusul employer review, sebuah survei untuk menguak informasi tentang kesiapan kerja lulusan (bobot 10 persen).

Indikator lainnya secara berturut-turut ialah papers per faculty (15 persen); inbound exchange students (2,5 persen); outbound exchange students (2,5 persen); international students (2,5 persen), dan International Faculty (2,5 persen). Selain itu, terdapat lima bidang akademik yang menjadi subyek penilaian yaitu arts & humanities; engineering & IT; life sciences and biomedicine; natural sciences dan social sciences.

UI, jelas Devie, berada di peringkat 18 besar Asia untuk kategori social sciences. Posisi ini menempatkan UI unggul di atas universitas-universitas dalam negeri sekaligus beberapa universitas negara Asia lain seperti Keio University, Jepang (19); University of the Philippines (22); Osaka University (24); Shanghai Jiao Tong University (32). Tercatatnya sebuah PT dalam pemeringkatan internasional merupakan capaian strategis dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Melalui upaya perbaikan sistematis untuk memenuhi paramater pemeringkatan tersebut, secara tidak langsung PT di Indonesia terus berbenah dalam mencapai kualitas akademik terbaik. "Dengan 'rangsangan' hasil pemeringkatan tersebut, besar harapan di masa datang negeri ini mampu menjadi episentrum pendidikan dari timur," tuturnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB. SELAMAT DATANG DI BLOG ARINI ENHA (NH)